Mengenal Jenis dan Keunggulan Plat Bordes 3mm

jalanan jembatan menggunakan pelat bordes

Plat bordes 3mm merupakan bahan pelat yang sengaja dibuat untuk memiliki permukaan berpola. Pola yang dimaksud pada bordes merupakan profil anti slip sehingga tidak akan terpeleset oleh permukaan pelat yang licin. Material yang satu ini juga sering disebut dengan plat berlian atau plat checkered.

Ciri khas plat bordes adalah memiliki permukaan menonjol berupa jajaran genjang pada permukaannya. Kehadiran tekstur yang ditambahkan pada permukaan pelat inilah yang mengurangi resiko tergelincir dan membuat plat tersebut menjadi solusi untuk berbagai kebutuhan seperti jalur catwalk, tangga, jalur pejalan kaki, dan juga untuk kebutuhan industri. Sifat material yang anti selip juga membuat pelat ini sering digunakan untuk alas kaki mobil pemadam kebakaran dan interior ambulance. Selain itu, plat ini juga sering digunakan untuk lantai trailer dan bed truck.

Metode Pembuatan Plat Bordes

Ada beberapa metode yang dapat dilakukan untuk pembuatan plat bordes 3mm yaitu sebagai berikut

  • Sistem Rolling Panas
  • Sistem Press atau Tekanan

Ada 2 jenis bahan yang umum digunakan untuk pembuatan plat bordes yaitu alumunium dan stainless steel. Baik bordes alumunium maupun stainless steel memiliki bentuk dan kegunaan yang sama dengan sifat dan karakteristik sesuai dengan asal usul bahan pembuatannya.

Jenis Plat Bordes

Plat bordes terdiri dari 2 jenis yakni plat bordes stainless dan plat bordes galvanis. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing jenis tersebut

  • Plat Bordes Galvanis

Ini merupakan plat baja dengan ukuran 1,2 m x 2 ,4 m atau bisa juga berukuran lain. Plat ini memiliki kontur yang bergelombang dan biasanya digunakan untuk lantai dan konstruksi tangga.

  • Plat Bordes Stainless

Jenis plat ini biasanya digunakan untuk bahan pelapis dinding maupun kolom Gedung. 

Beberapa Keunggulan Plat Bordes

Plat bordes menawarkan beberapa keunggulan yang membuatnya banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan yaitu sebagai berikut:

– Tingkat Keausan Rendah

Plat bordes memiliki tingkat keausan yang sangat rendah. Dengan demikian biaya perbaikan atau renovasi dapat diminimalisir dengan material ini.

– Tahan Lama

Plat bordes terbuat dari bahan besi baja yang dikenal kokoh dan tahan lama. Material ini dapat berfungsi dengan baik selama bertahun-tahun sehingga tidak perlu sering melakukan penggantian.

Harga Plat Bordes

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga plat bordes di pasaran. Harga tersebut umumnya dipengaruhi oleh ukuran plat, ketebalan, dan berat plat per lembar. Jadi plat bordes 3mm akan lebih mahal dibandingkan plat bordes dengan ketebalan 2 mm. Harga tersebut tentunya juga sebanding dengan kualitasnya karena plat bordes yang semakin tebal menandakan plat tersebut semakin kokoh dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat plat tersebut juga semakin banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *