Apa Sih Kegiatan Usaha dari Koperasi Simpan Pinjam?

lembaga penyimpanan tabungan dan pinjaman dengan koperasi simpan pinjam

Demi mendapatkan tambahan modal dengan cepat, tepat dan terpercaya, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menemukan sebuah lembaga perbankan yang tepat. Dengan meminjam uang di bank, ada banyak persyaratan yang bisa dibilang cukup rumit. Namun, berbeda jika Anda meminjam di koperasi ada banyak kemudahan dan sama-sama bisa mendapatkan keamanan dan kenyamanan salah satunya adalah koperasi simpan pinjam.

Apa Kegiatan Usaha yang Dilakukan di Koperasi Simpan Pinjam

Di dalam sebuah Peraturan Pemerintah di tahun 1995 dalam Pasal 19, ada kegiatan utama dari koperasi sendiri. Di mana koperasi simpan dan pinjam ini akan menghimpun sebuah simpanan maupun tabungan berjangka koperasi. Bahkan koperasi ini mampu memberikan pinjaman kepada seluruh anggotanya, calon anggotanya, sampai dengan beberapa koperasi yang lainya. 

Sehingga, koperasi simpan dan pinjam ini juga merupakan sebuah wadah penyimpanan tabungan yang nantinya bisa digunakan untuk seluruh anggotanya. Bahkan tabungan di koperasi simpan dan pinjam ini juga bisa dijadikan sebagai sebuah tabungan berjangka. Di mana jasa bunga simpanan nantina juga bisa diterima oleh seluruh anggota yang akan melakukan di koperasi ini sendiri. 

Koperasi ini juga mampu menjadi salah satu lembaga yang bisa menyediakan pinjaman kepada seluruh anggota yang akan membutuhkan dana untuk sejumlah kebutuhan. Baik dengan jumlah dana yang tinggi sampai dengan jumlah dana yang rendah. Untuk bunganya sendiri, sangat rendah dan tidak akan memberatkan banyak orang. 

Persyaratan Sebagai Anggota Koperasi

Apabila Anda berminat untuk menjadi salah seorang anggota koperasi, maka ada beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi. Di mana beberapa persyaratan sebagai anggota koperasi simpan pinjam adalah:

  • Seorang Warga Negara Indonesia 
  • Memahami bahwa menjadi anggota koperasi sifatnya perorangan atau bukan dalam bentuk hukum
  • Membayarkan pinjaman dan simpanan pokok serta simpanan wajib sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku

Jadi, itulah sebagian informasi yang harus Anda pahami ketika akan mendaftarkan diri sebagai salah satu anggota koperasi simpan pinjam yang kini sudah banyak bermunculan di Indonesia. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *