Kapan Membutuhkan Integrasi Marketplace?

Ilustrasi marketplace

Indikasi Kondisi Urgent Integrasi Marketplace

Apakah Anda pernah mendengar tentang integrasi marketplace? Sistem ini merupakan suatu proses yang akan menghubungkan beberapa marketplace yang Anda kelola dalam suatu sistem otomatis yang lebih simpel. Sistem ini menjanjikan sejumlah kemudahan operasional toko online.

Bagi Anda yang sudah terbiasa mengelola toko online secara manual mungkin merasa ragu, apakah memang membutuhkan sistem ini. Namun, ketahuilah mengelola toko online sebenarnya tidak jauh lebih mudah dibanding toko konvensional. 

Adanya pangsa pasar yang besar memberi peluang toko Anda mendapat konsumen lebih besar pula. Sehingga Anda harus bersiap dengan beberapa kemungkinan seperti ledakan orderan, banjir chat dari konsumen, dan lainnya. Adapun beberapa kondisi di bawah ini menjadi indikasi kapan Anda membutuhkan aplikasi integrasi marketplace. Diantaranya yaitu:

  • Saat Anda memiliki banyak toko di sejumlah marketplace tetapi Anda tidak memiliki banyak waktu untuk pengelolaan sendiri.
  • Saat produk yang Anda jual di sejumlah marketplace yang dikelola berbeda dengan produk yang tersedia di gudang, sehingga membuat proses pembaruan data stok barang menjadi lebih lama.
  • Saat Anda memiliki banyak pelanggan setia, tapi belum memiliki sistem mumpuni yang bisa diandalkan untuk mengelola marketplace secara sistematis, sehingga Anda cukup boros waktu mengatur tiap produk yang dijual.
  • Saat Anda lebih sering mencatat riwayat barang masuk dan keluar secara manual satu demi satu padahal jumlahnya tidak sedikit.
  • Saat Anda memiliki pelanggan tetapi tidak memiliki riwayat daftar pelanggan.

Sejumlah kondisi di atas kiranya menjadi gambaran kondisi jelas kapan Anda harus memanfaatkan sistem integrasi marketplace. Dengan sistem yang terintegrasi Anda tidak harus repot-repot dengan beberapa hal di atas.

Keuntungan Penggunaan Integrasi Marketplace

Aplikasi integrasi marketplace mampu menghemat waktu Anda dengan menjalankan setiap proses secara otomatis. Mulai dari proses pengecekan stok barang dari awal pemesanan sampai proses cetak invoice yang selanjutnya dapat Anda gunakan sebagai riwayat pembelian yang dapat digunakan untuk promosi.

Tidak hanya itu, dengan memiliki data base konsumen yang sudah tercatat di dalam sistem Anda berpotensi meningkatkan ukuran keranjang konsumen Anda supaya konsumen tetap terhubung dan mendapat update produk baru yang Anda unggah. Jadi mengapa tidak menggunakan integrasi marketplace? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *