Mengenal Penjelasan Hormon

Ilustrasi Fungsi Hormon Reproduksi

Seperti yang kita tahu, bahwa wanita mengalami beragam perubahan seiring dengan prosesnya. Mulai dari pubertas, menstruasi, ovulasi, kehamilan dan menyusui. Proses tersebut terjadi karena adanya berbagai macam hormon yang berada di dalam tubuh wanita, salah satu zat kimia yang diproduksi oleh sistem endoktrin dalam tubuh mempunyai fungsi untuk mengendalikan hampir seluruh fungsi tubuh. Mulai dari metabolisme, pertumbuhan hingga organ reproduksi. Lalu, apa fungsi hormon reproduksi?

Mengenal fungsi hormon

Hormon memiliki banyak sekali fungsi dan tergantung dengan jenis hormon yang terjadi di dalam tubuh. Tetapi, umumnya hormon yang dibutuhkan di dalam tubuh membantu untuk meregulasi tujuh hal  utama. Hal tersebut meliputi, metabolisme, tumbuh kembang, presepsi sensor, pergerakan, respirasi, fungsi seksual dan fungsi reproduksi. 

Sistem endokrin yang berada di dalam tubuh juga dapat mengatur berbagai hormon. Kelenjar hormon ini merupakan kumpulan sel yang berfungsi memproduksi dan melepaskan hormon ke dalam tubuh. Untuk fungsi hormon reproduksi yang berkaitan dengan reproduksi, akan berbeda tempat produksinya. Misalnya pada wanita, hormon ini terjadi dan diproduksi di ovarium. Sedangkan, apabila terjadi pada pria, hormon ini diproduksi di testis.

Hipotalamus merupakan kelenjar endokrin yang dapat menghasilkan hormon yang berkaitan dengan suhu tubuh, mood, dan rasa lapar. Selain itu, hipotalamus ini juga dapat mengatur rasa haus dan hasrat seksual, serta dapat mengatur pola tidur.

Selain hipotalamus, ada juga kelenjar pituitari yang dapat mengontrol kerja kelenjar lain dalam memproduksi hormon saat terjadi masa pertumbuhan. Kelenjar paratiroid juga berada di dalam tubuh, kelenjar ini biasanya mempunyai fungsi untuk mengatur jumlah kalsium, sedangkan kelenjar tiroid itu sendiri dapat memproduksi hormon yang berkaitan dengan detak jantung dan pembakaran kalori yang berada di dalam tubuh. 

Apabila hormon tidak seimbang, maka kondisi tubuh anda biasanya akan mempengaruhi beberapa hal, misalnya pada penuaan, genetik, lingkungan, stress atau kondisi medis lainnya. apabila anda merasakan terjadinya masalah kesehatan akibat ketidak seimbangan hormon, anda bisa konsultasikan ke dokter. beberapa diatas, merupakan salah satu fungsi hormon reproduksi yang dapat terjadi di dalam tubuh manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *