3 Tips Dalam Membeli Baja Ringan Jakarta Agar Kantong Tidak Jebol

baja ringan jakarta

Dengan kepopulerannya yang semakin menanjak, penggunaan baja ringan sebagai material rangka atap atau kanopi tentu semakin sering ditemukan pada berbagai bangunan, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. 

Namun bagi sebagian orang, kanopi baja ringan Jakarta bukanlah suatu hal yang murah, sehingga penggunaan material kayu sebagai bahan utama kanopi masih sering dilakukan. Padahal jika dilihat dari segi kualitas, kayu memiliki sifat mudah lapuk serta rentan diserang rayap, yang membuat atap bangunan mudah roboh ketimbang dengan bangunan yang menggunakan kanopi baja ringan. 

Lantas, bagaimana caranya supaya kantong tidak jebol ketika berbelanja material tersebut? Dibawah ini merupakan beberapa hal yang bisa dilakukan dalam membeli baja ringan Jakarta agar tetap hemat, diantaranya :

  1. Pilih supplier terpercaya

Terkadang, boros dalam membeli baja ringan bukanlah disebabkan oleh harga baja yang mahal, melainkan oleh oknum-oknum supplier nakal yang mempermainkan harga dan kualitas baja ringan itu sendiri. 

Ada baiknya anda memilih supplier baja ringan Jakarta yang terpercaya dan telah memiliki reputasi baik dikalangan para tukang ataupun kontraktor. 

Hal ini amat penting, terutama jika anda masih awam dengan kualitas sebuah baja ringan. Dengan memilih supplier terpercaya, anda akan terhindar dari permainan harga dan kualitas, sehingga kantong anda tidak akan jebol karenanya. 

  1. Sesuaikan spesifikasi baja dengan penggunaan

Baja ringan yang baik akan berlabel SNI, yang memiliki daya tegang tarikan minimal 500 MPa. Semakin tinggi daya tegang tarikan, baja akan dapat menahan beban yang semakin berat. Namun tentu saja, hal ini juga akan membuat harganya semakin mahal.

Untuk berhemat, anda perlu mengetahui terlebih dahulu spesifikasi baja yang diperlukan pada struktur bangunan yang anda buat. Bila anda memilih baja ringan dengan spesifikasi terlalu rendah, bangunan anda akan menjadi taruhannya. Namun sebaliknya, memilih produk baja dengan spesifikasi terlalu tinggi juga akan berakibat pada jebolnya isi kantong. 

Sebagai patokan, biasanya kanopi baja ringan pada sebuah rumah memiliki tegangan tarikan minimal 550 MPa, serta coating minimal AZ 100.

  1. Pantau harga bijih besi dunia sebelum membeli

Baja ringan merupakan produk yang terbuat dari beberapa komponen penyusun, satu diantaranya adalah bijih besi (iron ore). Karenanya, bila harga bijih besi dunia sedang tinggi, otomatis harga baja ringan di pasaran juga akan meningkat. 

Selain itu, anda juga bisa memperhatikan kurs dollar terhadap rupiah. Sebab hingga saat ini, Indonesia masih mengimpor beberapa komponen penyusun baja ringan yang beredar di pasaran. 

Jika mau, anda bisa membeli baja ringan Jakarta lebih awal ketika harganya sedang rendah, dan menyimpannya untuk digunakan di kemudian hari. Namun, pastikan untuk menyimpannya dengan baik agar kualitas baja ringan tetap terjaga.

Lewat beberapa tips membeli baja ringan Jakarta diatas, diharapkan anda dapat lebih menghemat isi kantong dalam membangun sebuah atap rumah dengannya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *