Keamanan Terjamin, Inilah Kategori Produk Yang Wajib Memiliki Ijin BPOM

jasa-registrasi-bpom

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) adalah lembaga Pemerintah yang bertugas mengawasi keamanan makanan dan obat-obatan yang beredar di pasaran. Pengurusan ijin edar produk bisa dilakukan melalui jasa registrasi BPOM terpercaya. Namun, sebelum itu yuk simak kategori produk yang wajib memiliki ijin BPOM.

Produk Pangan

Berdasarkan Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan, setiap produk pangan olahan yang diproduksi di dalam negeri maupun produk import dari luar negeri wajib memiliki ijin edar BPOM. Maraknya perbuatan curang pelaku usaha demi mendapatkan untung sebesar-besarnya merupakan tujuan utama dibentuk lembaga BPOM, mengingat pangan olahan diproses melalui teknik tertentu dengan penambahan BTP (Bahan Tambahan Pangan). 

BPOM bertugas untuk memastikan apakah BTP yang digunakan termasuk dalam jenis bahan kimia berbahaya atau tidak. Konsumen dapat melakukan cek kode registrasi melalui situs resmi BPOM

Obat Kimia

Obat yang dibuat menggunakan campuran bahan kimia wajib memiliki ijin edar BPOM. Perlu diketahui bahwa setiap obat kimia memiliki sifat paliatif artinya obat yang dikonsumsi dapat menjadi racun berbahaya akibat pengendapan. Mengkonsumsi obat-obatan kimia illegal dapat meningkatkan resiko tersebut karena tidak ada panduan penggunaan, tidak melalui tes kelayakan dan keamanan obat serta tidak diawasi oleh lembaga pengawas. 

Jasa registrasi BPOM dapat membantu produsen dalam mengurus perijinan dan legalitas obat agar tidak membahayakan konsumen.

Obat Herbal

Terdapat tiga jenis obat herbal yakni obat tradisional (jamu), obat herbal terstandarisasi dan fitofarmaka. Menurut Kepala BPOM produk makan-minum seperti jamu yang diproduksi oleh industri rumah tangga dengan masa penyimpanan dibawah 7 hari tidak perlu memiliki ijin BPOM. Sedangkan Obat herbal terstandar (OHT) dan Fitofarmaka yang dibuat menggunakan menggunakan bahan terstandarisasi dan melalui uji praklinis dan uji klinis wajib memiliki ijin BPOM sebelum diedarkan secara luas. Obat-obatan dengan registrasi bpom asli telah terdaftar pada aplikasi dan situs resmi BPOM.

Kosmetik dan Skincare

Meningkatnya gaya hidup masyarakat menyebabkan permintaan kosmetik di pasaran kian meningkat. Hal ini sering dimanfaatkan orang-orang tidak bertanggungjawab untuk memasarkan kosmetik dan skincare yang terbuat dari bahan kimia berbahaya seperti merkuri. BPOM selaku badan pengawas yang bertugas menjamin keamanan konsumen mewajibkan setiap pelaku usaha kosmetik untuk mendaftarkan tersebut, jika dilanggar terdapat ketentuan hukum yang berlaku.

Itu dia beberapa kriteria produk yang wajib memiliki ijin edar dari BPOM. Bagi para pengusaha yang ingin mendaftarkan produk dapat menggunakan jasa registrasi BPOM untuk mempermudah kelancaran perijinan agar produk yang dipasarkan memiliki reputasi yang baik dimata konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *