Teknik Komposisi Pengambilan Foto untuk Memaksimalkan POI

proses analisa persebaran point of interest dengan teknik komposisi pengambilan foto yang tepat

Para seniman seni khususnya fotografi pemula wajib mengetahui istilah penting dalam komposisi teknik pengambilan gambar agar hasilnya maksimal. Gambar yang bagus tidak hanya memuat kualitas cahaya, ketajaman objek atau POI saja tetapi juga memiliki cerita di baliknya. Sebutan dari deskripsi tersebut dinamakan analisa persebaran POI (Point of interest). Setiap proses jasa analisa persebaran POI terbaik ada 4 teknik komposisi pengambilan foto yaitu:

  1. Rule of third

Adalah teknik dasar pemotretan dengan cara membagi objek menjadi 9 kolom bagian, untuk bagian POI diletakkan di bagian  3×3 tersebut. Objek nantinya dibagi ke 4 titik utama sebagai Point interest sedangkan 2 titik lainnya untuk sisa objek. 

  1. Golden shape

Adalah komposisi pembagian bidang foto dengan keseinbangan negatif dan positif, maya rill sehingga nampak selaras dan manis. Kadar pembagian maya:riil bisa 50:50 atau 30:50 sesuai selera Anda. Jadi, pengambilan POI tidak selalu jelas menggunakan 2 teknik saja tapi juga bisa menggunakan beberapa teknik. 

  1. Simetris

Adalah komposisi pembagian objek dengan 2 kadar sama besar, untuk bagian kiri 50% dan bagian kanan 50%. Kamera diletakkan tepat di tengah-tengah objek kemudian dijepret pas muka depannya. Hasilnya semua objek akan nampak sama rata. Namun, dalam pengambilan foto teknik ini Anda harus mencari objek yang benar-benar hampir sama kiri dan kanan mungkin jalan tengah pada jembatan. 

  1. Repetition dan pattern

Adalah teknik komposisi dengan cara mengulang dan berpola, sebagai contoh Anda mengambil objek lahan sawah dengan angle pas kemudian dipola khusus dan berulang. Hasilnya, sangat mengesankan. 

Sekilas tentang teknik dasar komposisi POI, untuk analisa persebaran POI suatu daerah bisa memberikan resiko positif terhadap perkembangan daerah itu sendiri. 

Resiko positif analisa POI

Kita bisa melihat sebuah pemetaan jelas dari foto bahwa bagian daerah tertentu akan diperlakukan sebuah aksi. Sehingga penambahan objek lainnya bisa mendukung hasil lebih maksimal. Sebagai contoh, POI tanaman berhama difoto dari atas menggunakan kamera terbaik, dalam foto itu terdapat area tanam dengan hasil sebagian bagus dan sebagian rusak karena hama. Alhasil, solusi yang bisa Anda ambil mungkin meminimalkan area berhama dengan semprotan hama. Jasa analisa persebaran POI foto tidak serta merta hanya diedit dengan program pendukung saja tetapi jika tekniknya sudah bagus dan maksimal maka editing foto tidak perlu dilakukan. 

Teknik komposisi POI adalah vital sebagai penentu cerita sebuah objek, sebenarnya jika Anda mengambil objek hanya dengan metode asal juga tetap bisa mewakili cerita yang akan disampaikan hanya saja kualitasnya kurang maksimal, mungkin cahaya kurang fokus atau ketajaman objeknya kurang jelas. Jasa analisa persebaran POI metode vital fotografi dalam meng-cover semua hal menjadi satu kesatuan utuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *