Mau Mendaftar Sekolah? Inilah Syarat Pendaftaran Sekolah Online untuk Kamu

Ilustrasi Pendaftaran Sekolah Online

Sebelum melakukan pendaftaran sekolah online, Kamu perlu memperhatikan beberapa hal yang menjadi syarat masuknya. Hal ini dilakukan agar proses pendaftaran bisa berjalan dengan lancar dan semua hal dipersiapkan dengan baik.

Syarat daftar sekolah SMP online

Pada proses pendaftaran calon peserta didik baru untuk siswa SMP, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni

  • Calon siswa yang akan mendaftar SMP, per tanggal 1 Juli maksimal berusia 15 tahun. Hal ini dibuktikan menggunakan surat keterangan lahir atau Akta Kelahiran sebagai salah satu syarat daftar sekolah online. Surat keterangan lahir dikeluarkan oleh pihak berwenang dan telah dilegalisir oleh kepala desa sesuai domisili calon siswa.
  • Calon siswa sudah mempunyai ijazah Sekolah Dasar (SD) atau sederajat. Jika ijazah SD belum ada, maka bisa diganti dengan menyertakan dokumen resmi yang menunjukan bahwa calon siswa tersebut sudah menyelesaikan pendidikan kelas 6 SD.

Syarat daftar sekolah SMA/SMK online

Sedangkan untuk calon peserta didik baru yang akan masuk SMA atau SMK, beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni

  • Calon siswa per tanggal 1 Juli, maksimal berusia 21 tahun yang dibuktikan dengan Surat keterangan lahir maupun Akta Kelahiran.
  • Telah memiliki ijazah SMP atau sederajat, jika ijazah SMP belum ada, maka bisa diganti dengan dokumen lain yang menjelaskan bahwa siswa telah menyelesaikan pendidikan kelas 9 SMP.
  • Bagi calon siswa yang mendaftar SMK  dengan bidang keahlian tertentu, ditentukan persyaratan tambahan khusus saat proses pendaftaran.

Syarat umum pendaftaran sekolah online

Selain syarat bagi calon siswa SMP dan SMA di atas, terdapat juga syarat umum yang juga perlu diperhatikan, yakni

  • Bagi WNI ataupun WNA yang akan mendaftar kelas 7 dan 10 dan dari sekolah yang ada di luar negeri, perlu melampirkan surat keterangan yang dikeluarkan oleh direktur jenderal bidang pendidikan dasar dan menengah. 
  • Calon siswa yang merupakan WNA diwajibkan untuk mengikuti suatu program matrikulasi pendidikan Bahasa Indonesia setidaknya selama 6 bulan di sekolah yang bersangkutan.
  • Bagi calon siswa yang menyandang disabilitas, maka persyaratan mengenai usia maksimal dan juga dokumen seperti ijazah dan yang lainnya akan dikecualikan.

Itulah beberapa syarat pendaftaran sekolah online yang perlu diperhatikan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *