Mengenal Perbedaan Les Konvensional dan Les Online yang Wajib Tahu

Ilustrasi belajar

Les privat sekolah Internasional balikpapan sudah menjadi kebutuhan yang wajib di dalam dunia pendidikan untuk sekarang ini. Tuntutan akademik di sekolah juga semakin tinggi dan seluruhnya tidak bisa difasilitasi oleh sekolah. Inilah yang menjadi peran untuk les privat masuk ke dalamnya. 

Kupas Tuntas Perbedaan Les Online dan Konvensional, Mana Lebih Baik 

Jika orang tua harus memiliki les yang tepat untuk anak di antara keduanya, mana yang lebih baik. Berikut ini adalah ulasannya :

Lokasi

Pada les konvensional kita harus datang ke tempat tertentu dan pastinya orang tua harus mengeluarkan untuk biaya transportasi karena sistem pembelajaran harus berhadapan. Les online ketika belajar tidak mengharuskan tatap muka secara langsung dengan guru les dan hanya membutuhkan jaringan internet. 

Lingkup Siswa

Les konvensional mempunyai ruang lingkup siswa yang begitu terbatas karena pastinya akan menyesuaikan dengan lokasi. Jika les privat sekolah Internasional balikpapan online lingkup siswanya akan lebih luas lagi. 

Waktu 

Waktu untuk les konvensional ini sudah ditentukan oleh penyedia jasa tersebut, misalkan Sabtu – Minggu pukul 08.00 – 10.00. Anak harus disiplin dan wajib untuk hadir pada jam yang sudah ditentukan. Hal ini akan lain jika memilih les online yang aturan waktunya sangat fleksibel. Walaupun fleksibel kita tetap harus bisa mengatur diri kita sendiri. Jangan sampai di saat sudah membeli tetapi tidak digunakan secara maksimal. 

Biaya 

Ketika memutuskan untuk menggunakan les konvensional, maka nantinya akan ada beberapa pilihan sistem pembayaran. Bisa membayar setiap per kedatangan, per semester maupun per bulan. Mereka juga akan memberikan penawaran les secara insentif yang biasanya akan memerlukan biaya mulai dari jutaan rupiah hingga puluhan juta. 

Pada les online ini akan memberikan penawaran biaya setiap per program dari materi yang ditawarkan tersebut, dilihat secara menyeluruh maka akan mempunyai harga yang lebih murah hanya berkisar ratusan ribu saja. 

Interaksi Sosial

Perbedaan yang terakhir antara les konvensional maupun online adalah terletak pada interaksi sosialnya. Siswa mengikuti les secara online akan mendapat interaksi sosial yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan yang mengikuti les konvensional karena di sini siswa hanya akan belajar menggunakan alat elektronik saja. 

Sementara itu jika memilih les konvensional siswa bisa langsung berinteraksi dengan guru dan siswa yang lainnya secara langsung sehingga dalam kemampuan interaksi sosialnya lebih dapat berkembang dan juga terasah dengan baik. Selain itu, jika dibandingkan dengan les privat sekolah Internasional balikpapan online kegiatan di dalam les konvensional ini bisa membuat guru les jadi lebih tahu kemampuan setiap siswa yang hadir, sehingga kelemahan personal yang nantinya dialami oleh siswa bisa diatasi dengan baik dan juga tepat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *