Fitur Wajib Dalam Integrasi Ecommerce dan ERP

integrasi ecommerce dan erp

Apakah Anda pernah mendengar istilah ERP? Di era yang modern seperti sekarang ini istilah tersebut sudah sering dijumpai terlebih dalam dunia usaha, Enterprise Resource Management merupakan software yang berfungsi dalam menginformasikan laporan penjualan dan beberapa fungsi bisnis lainnya, integrasi ecommerce dan erp dapat memudahkan semua departemen perusahaan dalam menjalankan bisnis yang baik.

Analisis Data 

ERP berfungsi dalam mengumpulkan dan memproses data dari bisnis Anda, melalui olahan tersebut akan memberikan penggunanya dalam memutuskan prakiraan bisnis di masa yang akan datang, mengingat ERP akan membantu Anda dalam membuat anggaran termasuk menganalisis fungsi SDM, dengan analisis data tersebut Anda dapat melacak efektivitas termasuk efisiensi dari organisasi.

Berintegrasi Dengan Sistem Lain

Apa yang membuat ERP berbeda dengan program lain? Fungsi dari ERP yang menawarkan banyak fitur serta kemudahan berintegrasi dengan sistem lain menjadi hal penting yang perlu Anda perhatikan, ERP hadir sebagai platform yang membantu Anda dalam melakukan tugas besar seperti memantau dan melakukan analisis data.

ERP mampu mengumpulkan hingga menganalisis data yang berasal dari semua departemen, tentu saja hal ini dapat membuat komunikasi antar departemen menjadi lancar, dengan ERP perusahaan dapat bekerja bersama serta mengurangi adanya kesalahan melalui satu sumber informasi yang dihasilkan ERP.

Hubungan Pelanggan

ERP juga memberikan manfaat dalam hubungannya dengan pelanggan, melalui ERP tersebut Anda dapat menerapkan sebuah solusi layanan bagi pelanggan dan mengukur kepuasan pelanggan, integrasi ecommerce dan erp akan membantu meningkatkan pelanggan dalam jangka waktu panjang.

Visibilitas

Saat ini cukup banyak usaha yang menggunakan sistem ERP mengingat banyak keuntungan yang didapatkan, salah satu aspek dari penggunaan ERP yaitu dapat melacak produk jadi hingga produk siap untuk dikirim, hal ini dapat terjadi karena program ERP mempunyai integrasi yang tinggi karena aplikasi yang digunakan dapat menerima serta mengirim informasi, informasi yang didapatkan tersebut bisa berupa produktivitas staf hingga statistik produksi.

Dengan adanya informasi tersebut pengguna dapat memahami jika terjadi penundaan stok, apalagi ERP menyediakan alat yang berguna untuk melacak setiap informasi yang berbeda, seperti misalnya alat CRM dapat digunakan untuk melacak penjualan, statistik produksi dapat ditemukan dalam analisis manufaktur, dan ERP dapat memberikan informasi dari beberapa informasi yang berbeda tersebut. 

Alat Penghitungan Yang Kuat

ERP juga bisa menjadi alat penghitungan yang kuat karena dapat digunakan untuk mengelola proses hutang; piutang hingga manajemen pajak, selain itu sistem ERP memungkinkan Anda dalam melakukan proses pembayaran; manajemen biaya termasuk melakukan analisis penjualan, dengan begitu beban kerja dari karyawan Anda dapat berkurang.

Demikian beberapa fitur wajib yang cukup sering ditemukan dalam sistem ERP, alangkah baiknya bagi Anda pelaku usaha melakukan integrasi ecommerce dan erp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *