Resep Mudah Membuat Pizza Oven Ala Rumahan

Gambar dua perempuan sedang membuat pizza

Ingin menikmati pizza dengan rasa yang enak, tapi anda malas untuk membelinya di luar? Anda tidak perlu khawatir, karena pizza merupakan makanan yang dapat anda olah sendiri dengan menggunakan bahan, alat, dan resep yang telah dirangkum secara mudah dalam artikel ini.

Pizza yang dapat anda buat yaitu pizza oven dengan cita rasa rumahan dimana rasanya tidak jauh beda dengan pizza yang tersedia di restoran pada umumnya. Bahan dan alat yang digunakan dalam pembuatannya pun dapat anda temukan dan anda miliki dengan mudah. Berikut ini ulasan resep membuatnya.

Bahan-bahan Yang Dibutuhkan

Tepung terigu dengan tinggi protein (250 gram)

Susu putih bubuk (1 sendok makan)

Gula pasir (1,5 sendok makan)

Garam (1,5 sendok teh)

Mentega (100 gram)

Ragi instan (1 sendok teh)

Telur ayam (1 butir)

Air hangat (4 sendok makan)

Sosis yang diiris (4 buah)

Bawang bombay yang diiris (0,5 butir)

Saus bolognese (5 sendok makan)

keju sesuai selera

Bahan-bahan diatas tentunya dapat anda peroleh dengan mudah di berbagai super market, mini market, toko perlengkapan bahan makanan, bahkan di pasaran.

Cara Mudah Membuat Pizza Oven

Langkah pertama, anda perlu menyiapkan wadah berukuran sedang, masukkan bahan-bahan seperti, telur, gula, susu, garam, ragi, dan air hangat ke dalamnya. 

Lalu campurkan dan kocok menggunakan mixer dengan kecepatan yang tinggi

Setelah adonan sudah mulai tercampur, masukkan mentega ke adonan di dalam mixer. Selanjutnya aduk kembali hingga tercampur merata.

Barulah anda masukkan tepung terigu ke dalam adonan tadi secara perlahan sambil menguleni adonan. Proses uleni adonan dilakukan hingga benar-benar sudah kalis.

Jika sudah kalis, anda perlu mendiamkan adonan terlebih dahulu selama sekitar 1 jam agar adonan mengembang.

Sembari menunggu, anda perlu menyiapkan loyang yang diolesi dengan mentega di permukaannya.

Selanjutnya masukkan adonan yang sudah mengembang ke dalam loyang, lalu ditusuk-tusuk bagian permukaan adonan dengan menggunakan garpu. 

Tambahkan di atas adonan dengan taburan bahan lainnya yaitu saus, sosis, keju dan bawang bombay, sesuai dengan selera anda.

Masukkan loyang yang sudah berisi adonan tadi ke dalam oven yang sudah dipanaskan, lalu panggang hingga sekitar 20 menit. 

Jika sudah berlalu sekitar 20 menit dan pizza sudah terlihat matang, maka angkat pizza dari dalam oven dan sajikanlah dalam sebuah piring.

Pizza Oven siap untuk dinikmati.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk membuatnya dengan menggunakan resep ini? Meskipun pizza ini ala rumahan, tetapi tidak kalah dengan pizza yang dijual di restoran-restoran. Selain itu, ketika anda membuatnya sendiri, anda dapat berkreasi dan memberi topping sesuai dengan kreatifitas dan selera anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *