Ikuti Cara Membersihkan Grill Pan Berikut Ini Agar Semakin Awet

ilustrasi griddle pan

Membuat barbeque di rumah menjadi sangat menyenangkan dengan adanya griddle pan. Dengan bentuk yang ringkas, harga yang terjangkau, serta jual griddle pan yang banyak di pasaran, membuat griddle pan menjadi rekomendasi untuk kamu miliki di rumah.

Namun ternyata, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam perawatan griddle pan itu sendiri. Khususnya dalam membersihkannya.

Umumnya, griddle pan tanpa lapisan teflon cukup dibersihkan dengan sabun dan air mengalir. Cara ini terbilang cukup umum karena kamu pasti mencuci alat-alat makan dengan cara yang sama.

Namun ternyata, griddle pan dengan lapisan teflon memiliki perawatan yang sedikit berbeda. Oleh karena itu, simak beberapa tips perawatan jual griddle pan dengan lapisan teflon berikut ini:

  • Segera Bersihkan Setelah Digunakan

Meskipun anti lengket, namun jika dibiarkan kotor dalam waktu yang relatif lama, minyak akan mengendap dalam waktu dan menjadi sangat susah untuk dibersihkan.

Sehingga, usahakan untuk langsung membersihkan grill pan setelah kamu selesai menggunakannya.

  • Membersihkan dengan Lap Bersih Terlebih Dahulu

Setelah menggunakan griddle pan, kamu perlu membiarkannya sebentar agar tidak terlalu panas. Setelah itu, bersihkan dengan lap bersih terlebih dahulu sebelum dicuci dengan air. Lap bersih tersebut akan menyerap minyak, sehingga dapat mempermudah kamu saat mencucinya dengan air.

  • Menggunakan Air Garam dan Air Hangat

Untuk mengangkat sisa minyak, tuangkan air garam ke griddle pan dan tunggu beberapa saat, hingga minyak dan bau pada griddle pan berkurang. Setelah itu, buang airnya dan bersihkan dengan spons yang telah diberi air hangat.

  • Menyikat Griddle Pan

Jika ada sisa-sisa makanan yang masih menempel pada griddle pan, bersihkan dengan sikat. Jangan menggunakan sikat kawat karena dapat merusak lapisan anti lengket dari grill pan.

  • Memanaskan di Kompor

Setelah terlihat bersih, keringkan dengan lap bersih. Bila perlu, panaskan di kompor selama beberapa saat agar griddle pan dapat kering lebih cepat. Setelah itu, simpan dengan cara digantung.

Itulah tadi beberapa cara membersihkan griddle pan. Meski terbilang sedikit ribet, jika kamu melakukan cara-cara di atas, jual griddle pan akan semakin awet untuk kamu gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *