5 Keuntungan Menggunakan Genteng Pasir

Ilustrasi genteng metal

Seiring dengan perkembangan zaman, pilihan material untuk menutup atap kian beragam. Tidak hanya, genteng tanah liat yang berasal dari Sokka, Kebumen dulu biasa menjadi pilihan generasi ayah-ibu Anda. Kini Anda bisa memilih beragam jenis penutup atap, salah satunya dengan menggunakan genteng pasir atau genteng metal pasir. Anda juga harus bisa memilih ukuran genteng metal pasir yang sesuai.

Apa itu Genteng Pasir?

Bagi Anda yang belum mengetahui genteng pasir atau genteng metal pasir, genteng jenis ini dibuat menggunakan material utama metal/logam. Disebut genteng pasir karena lapisan permukaannya seperti berpasir. Hal tersebutlah yang membedakannya dengan jenis genteng lainnya. 

Bahan dasar metal/logam yang digunakan untuk pembuatan  genteng pasir ini, yaitu baja galvalume az 100, zinc phospat, zincalume, serta campuran coraltex. Material yang membuat permukaan genteng ini berpasir adalah campuran coraltex. Lapisan permukaan yang berpasir tersebut membantu menahan sinar matahari yang menyengat untuk tidak masuk ke dalam rumah.

Mengapa Harus Memilih Genteng Pasir?

  1. Tahan Api

Memiliki sifat non combustible, genteng pasir ini sangat tahan api dan membuatnya tidak mudah terbakar. Hal tersebut dikarenakan genteng ini tidak menghantarkan api. Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan genteng metal pasir untuk atap rumah Anda dapat meredam sambaran petir saat terjadi cuaca buruk.

  1. Anti Karat

Dengan lapisan anti karat, unsur seng, serta alumunium menjadikan genteng pasir tahan korosif. Terlebih lagi, setelah Anda mengecatnya. Genteng metal pasir Anda akan semakin tahan karat dan tahan terhadap pengikisan material secara kimiawi.

  1. Sangat Eco Friendly

Dibandingkan dengan bahan pembuatan genteng lainnya, genteng pasir dibuat dengan berbagai material ramah lingkungan atau eco friendly. Sehingga dengan menggunakan genteng pasir, Anda telah berpartisipasi menjaga lingkungan serta menjaga kesehatan bersama.

  1. Peredam Suara Bising

Kelebihan lain dari genteng pasir adalah adanya lapisan luar yang dapat meredam suara bising yang berasal dari luar rumah. Sehingga apabila terjadi hujan deras atau ada benda kecil yang jatuh ke genteng, suaranya tidak akan terlalu berisik dan mengganggu aktivitas.

  1. Beragam Pilihan

Genteng pasir ini memiliki beragam pilihan dari segi ketebalan, model, serta warna yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta selera Anda. Tentunya, hal ini dapat memudahkan Anda untuk menyesuaikannya dengan desain rumah serta budget yang dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *