3 Kelebihan dan Kekurangan Belajar di BIMBEL SMP yang Perlu Diketahui Siswa Sebelum Belajar Disana

Gambar anak remaja kumpul belajar

Bagi sebagian orang, belajar di BIMBEL SMP bisa jadi sangat melelahkan karena mengurangi waktu untuk istirahat atau bermainnya dan menggantinya dengan waktu belajar.

Namun, tidak sedikit juga yang menganggap kalau belajar di BIMBEL itu terasa lebih menyenangkan daripada belajar di sekolah. Bukan berarti belajar di sekolah tidak menyenangkan tetapi ada beberapa hal tentang BIMBEL SMP yang bisa membuat siswa bisa lebih bersemangat untuk belajar.

Kali ini, kita akan bahas 3 kelebihan dan kekurangan belajar di bimbel SMP yang perlu diketahui siswa sebelum memutuskan untuk belajar di BIMBEL SMP.

  1. 3 Kelebihan BIMBEL SMP
  • Mendapat Banyak Teman dari Sekolah yang Berbeda

Salah satu keuntungan yang bisa didapatkan siswa dari mengikuti BIMBEL SMP atau les pelajaran SMP adalah kesempatan untuk mendapatkan teman dari sekolah yang berbeda. Dari teman yang berbeda sekolah tersebut, para siswa bisa bertukar pengalaman dan cerita yang menarik serta memperluas lingkup pertemanan.

  • Metode Belajar yang Lebih Praktis

Kebanyakan metode belajar yang digunakan di tempat BIMBEL merupakan metode belajar yang praktis dibandingkan dengan metode belajar yang digunakan di sekolah.

Hal ini disebabkan karena metode belajar di sekolah mengacu pada kurikulum pendidikan yang bersifat umum. Sementara meski tetap mengacu pada metode umum, tidak jarang tempat bimbel juga akan mengajarkan metode yang lebih praktis.

  • Peraturan yang Tidak Seketat Di Sekolah

Tempat BIMBEL bisa dikatakan memiliki peraturan yang tidak seketat sekolah. Tempat BIMBEL SMP mengizinkan muridnya untuk memakai baju bebas yang sopan bahkan sandal ketika mengikuti proses belajarnya.

Dari segi jam belajar, BIMBEL juga memiliki durasi yang lebih pendek serta hanya fokus pada pelajaran tertentu sehingga siswa dapat lebih fokus.

  1. 3 Kekurangan Belajar di BIMBEL SMP

Meski memberikan beragam keuntungan, bukan berarti tempat BIMBEL SMP atau les pelajaran SMP tidak memiliki kekurangan. Berikut beberapa kekurangan belajar di tempat BIMBEL.

  • Materi yang Diajarkan Terkadang Berbeda dengan di Sekolah

Ada kalanya, materi yang diberikan di tempat BIMBEL SMP berbeda dengan apa yang diajarkan di sekolah. Hal ini bisa membuat siswa bingung serta sedikit menyulitkan ketika ada materi di sekolah yang belum dimengerti tetapi sudah ditambah dengan materi lain.

  • Tidak Bisa Memilih Waktu yang Diinginkan

BIMBEL biasanya sudah memiliki jadwal kelas yang bisa dipilih oleh siswanya. Namun terkadang, hal ini akan menyulitkan siswa yang tidak bisa mengikuti jadwal tersebut namun masih tetap ingin belajar.

  • Kurang Bisa Fokus

Meskipun memiliki jumlah murid yang lebih sedikit dibandingkan sekolah biasa, fokus pengajar tetap akan terbagi untuk beberapa murid. Disarankan untuk murid tempat BIMBEL SMP atau les pelajaran SMP yang menginginkan fokus lebih agar mengambil kelas privat supaya lebih dapat konsentrasi belajar. 

Itulah 3 Kelebihan dan kekurangan mengikuti BIMBEL SMP yang kemungkinan besar akan dihadapi oleh peserta didik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *