Belum Tahu Caranya? Pahami Langkah – Langkah Menggunakan Mesin Espresso Astoria Core

ilustrasi kopi

Jika membicarakan mengenai mesin espresso astoria core tentu mesin ini sudah dipercaya oleh banyak orang. Bahkan jika sering meminum kopi dari cafe, mesin inilah merupakan salah satu pencetus minuman kopi yang enak nan lezat. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam menggunakan mesinnya:

Membersihkan Portafilter

Biasanya sebelum anda menggunakan mesin espresso, ada baiknya untuk membersihkan portafilter. Sebab kehadiran portafilter di mesin espresso murah terbaik salah satu hal yang penting. Sebab jika portafilternya bersih, maka hasil kopinya pun tidak akan membuat pelanggan rugi. 

Alhasil anda juga yang akan mendapatkan keuntungan berlipat ganda jika menggunakan mesin espresso ini. Biasanya portafilter ini bisa menjadi salah satu komponen yang akan mengalirkan air dengan cepat ke ground coffee. Lalu dari sana air akan melalui sebuah lubang akhir ke sebuah cup yang sudah tersedia. 

Memperhatikan Takaran Espresso

Jika sudah membersihkan bagian utama, barulah anda memfokuskan kepada takarannya. Pada dasarnya jumlah takaran yang anda inginkan bisa disajikan dengan benar. Pastikan takaran kopi espresso dari mesin espresso mini ini sesuai dengan permintaan kopi espresso pelanggan. 

Kalau di dalam mesin espresso, takaran kopi espresso ini bisa disebut dengan dose. Pada dasarnya dose untuk membuat kopi espresso sebenarnya berbeda – beda. Tergantung seperti apa bubuk kopi da air yang ingin dipakai untuk membuat espresso. 

Melakukan Distribute Espresso

Jika bubuk kopi dan air sudah dimasukkan biasanya ada saja beberapa bubuk kopi yang tidak menyebar keseluruhan. Jadi, dengan menggunakan distribute espresso ini akan bubuk kopi akan mudah larut dalam air. 

Biasanya untuk air yang digunakan bisa disesuaikan dengan keinginan pelanggan. Anda bisa menggunakan air yang panas atau menggunakan air dingin. Jangan lupa untuk memperhatikan kecepatan serta tekanan yang akan dialami saat menggunakan mesin espresso. 

Melakukan Tamping Espresso

Tamping espresso merupakan tahapan keempat yang harus anda lakukan. Hal ini agar memudahkan anda dalam memperhatikan seberapa banyak tekanan yang dilakukan. Biasanya hal ini agar memudahkan anda dalam melakukan bubuk kopi ke dalam portafilter tersebut. 

Pada dasarnya jika tekanan semakin kuat alhasil air seduhan akan bergerak menjadi lambat. Sehingga bubuk kopi yang ada di dalam cup pun bisa lebih padat. Tetapi berbeda kalau tekanannya rendah, alhasil air seduhan bisa mengalir dengan cepat. 

Melakukan Ekstraksi Kopi

Ekstraksi kopi merupakan tahapan terakhir yang perlu dilakukan. Biasanya ekstraksi ini bisa dilakukan berdasarkan takaran kopi yang sudah ditentukan. Contohnya saja jika 30 detik maka bisa memberikan 36 gram kopi espresso. 

Itulah beberapa pembahasan yang bisa anda ketahui mengenai cara menggunakan mesin espresso. Dengan memahami semua hal itu akan lebih memudahkan anda dalam melakukan pembuatan kopi di mesin espresso tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *