Prinsip Kerja Genset Harga Terjangkau, Untuk Persiapan Lampu Mati di Rumah

ilustrasi genset harga

Banyak masyarakat yang mencari genset harga terjangkau untuk memenuhi kebutuhan listrik mereka. Memang sudah banyak orang yang mengandalkan mesin ini terutama ketika sumber listrik utama sedang mati. Walaupun sudah banyak orang yang menggunakan tidak banyak yang memahami prinsip kerja mesin ini. Berikut ini akan dibahas mengenai prinsip kerja tersebut. 

Prinsip Kerja Genset 

Genset harga murah maupun yang mahal sebenarnya punya prinsip kerja yang sama saja. Seperti yang banyak diketahui, genset sebenarnya memiliki berbagai jenis dan tipe. Jenis dan tipe dari genset ini bisa dibedakan berdasarkan berbagai hal. Mulai dari seberapa besar daya yang dihasilkan, bahan bakar yang digunakan, sampai tipe aliran listrik yang dihasilkan oleh genset. 

Namun, secara general prinsip kerja genset sebenarnya sama saja. Genset menghasilkan aliran listrik melalui perubahan energi. Tepatnya perubahan energi mekanik atau gerak menjadi energi listrik, perubahan energi ini dinamakan dengan proses induksi elektromagnetik yang akan dijelaskan lebih rinci pada pembahasan di bawah ini. 

Proses Induksi Elektromagnetik pada Genset 

Perubahan energi mekanik menjadi energi listrik ini sebenarnya sudah diterapkan dan ditemukan sejak lama. Ilmuwan yang menemukan induksi elektromagnetik ini sendiri adalah Michael Faraday. Pada genset harga atau tipe apapun teori yang diterapkan sebenarnya sama saja. 

Proses induksi elektromagnetik bekerja dengan cara memotong gaya magnet dan gaya gerak listrik. Gerak ini terjadi pada komponen genset yang digerakkan oleh bahan bakar. Kemudian pemotongan gaya dan gerak ini akan menghasilkan daya listrik. Dalam kapasitas tertentu daya listrik ini dapat diukur dengan satuan volt. 

Yang menjadi pembeda generator harga terjangkau dengan generator yang lebih mahal adalah besarnya satuan volt dan daya yang bisa dihasilkan. Semakin besar daya yang dihasilkan biasanya semakin mahal pula harga genset. 

Karena proses ini pula, genset bisa menghasilkan listrik walaupun tidak disambungkan dengan sumber listrik utama. Hal ini membuat genset merupakan alat yang ideal untuk menghasilkan listrik dalam keadaan darurat. Sangat cocok untuk digunakan ketika rumah sedang mati lampu atau keadaan darurat lainnya di rumah 

Itulah sedikit penjelasan mengenai prinsip kerja genset harga terjangkau. Melalui penjelasan di atas anda bisa mengetahui bahwa genset merupakan komponen yang mandiri. Tidak ada salahnya untuk memiliki satu perangkat genset untuk keadaan darurat di rumah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *