Peran e-commerce warehouse management Selama Pandemi Covid-19

Gambar pergudangan

Pandemi dan e-commerce warehouse management 

Pandemi Covid-10 tidak bisa dipungkiri membuat berbagai sektor usaha menjadi macet. Salah satunya mereka yang berkaitan dengan e-commerce, terutama pada saat diberlakukannya karantina wilayah yang membuat pasokan-pasokan barang jadi terhambat.

Meskipun begitu, permintaan barang dari konsumen tetap tinggi sehingga perlu adanya solusi yang dilakukan oleh pihak e-commerce, penjual, dan jasa ekspedisi. Salah satu yang bisa dilakukan adalah menggunakan jasa e-commerce warehouse management.

e-commerce warehouse management Membantu Operasional Bisnis Selama Pandemi

Memang apa yang bisa dilakukan mereka untuk membantu bisnis di tengah pandemi ini? 

  1. Me-manage pasokan barang di dalam gudang

Pandemi membuat beberapa usaha harus tutup, termasuk gudang penyimpanan dan distribusi. Jika pun buka jumlah barangnya terbatas karena beberapa protokol kesehatan yang mau  tidak mau harus dipatuhi.

Di sisi lain, permintaan konsumen tetap tinggi. Nah disinilah peran manajemen gudang jadi penting, yaitu untuk mencari cara bagaimana jumlah pasokan barang yang tersedia bisa menyesuaikan dengan permintaan konsumen.

  1. Menyediakan lapangan pekerjaan

Banyaknya sektor industri yang terkena dampak parahnya pandemi bagaikan efek domino yang sampai kemana-mana. Banyak pekerja pun mengalami putus kerja karena tempat mereka bekerja sudah tidak mampu beroperasi lagi karena turunya pemasukan secara drastis.

Sedangkan bidang industri manajemen gudang mengalami peningkatan permintaan sehingga membutuhkan lebih banyak pekerja baru. Disinilah manajemen gudang bisa menjadi salah satu sektor yang membuka peluang bagi mereka yang menganggur karena pandemi covid-19

  1. Menjaga Permintaan Konsumen Terpenuhi

Dengan dibatasinya akses kontak langsung dengan orang lain dan dibatasinya jarak antar wilayah membuat konsumen tidak bisa bepergian untuk berbelanja secara offline. Hal itu menyebabkan aktivitas belanja online mengalami peningkatan. 

Peningkatan itu tentunya kudu dibarengi dengan layanan yang baik agar pelanggan tetap setia. Salah satu caranya adalah menggunakan e-commerce warehouse management untuk membantu bisnis e-commerce.

Peningkatan penggunaan jasa manajemen gudang selama pandemi membuat sektor ini berprospek masa depan yang cerah, bahkan setelah pandemi berakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *