Pahami E-commerce Management Service Sebelum Melakukan Penjualan Online

gambar dua orang pria berdiskusi

Semakin banyaknya penggunaan platform e-commerce untuk melakukan proses jual beli secara online, membuat banyak orang ikut tertarik untuk mencoba peruntungan memulai usaha di platform tersebut. Sebelum Anda memulai, alangkah lebih baik untuk tahu jenis dan juga layanan yang ada di sistem ecommerce management service.

Jenis E-commerce:

E-commerce ini memiliki 4 jenis berbeda yang didasarkan pada interaksi dari pihak-pihak yang terlibat, diantara jenis dari e-commerce tersebut yakni.

  • E-commerce Business to Business, dilakukan oleh dua pihak yang sudah saling percaya satu sama lain dan sama-sama memiliki kepentingan untuk mendapatkan keuntungan.
  • E-commerce Business toConsumer, dilakukan oleh produsen yang menawarkan barang dan konsumen melakukan pembelian secara online.
  • E-commerceConsumertoConsumer, dilakukan oleh konsumen dari suatu produsen yang menjual kembali produk tersebut ke konsumen lainnya.¬†¬†
  • E-commerceConsumento Business, dilakukan oleh konsumen yang bekerja sama dengan produsen, konsumen tersebut memberikan detail produk yang diinginkan lalu produsen menawarkan produk tersebut.

Ecommerce management service

Pada setiap platform e-commerce tersedia berbagai layanan yang bisa digunakan baik oleh penjual maupun pembeli. Layanan atau fitur tersebut bisa digunakan untuk memudahkan proses transaksi penjualan, diantaranya yaitu:

  1. Payment Service

Sistem e-commerce menyediakan layanan pembayaran online yang mudah sehingga penjual maupun pembeli bisa melakukan transaksi secara cepat. Pembayaran online ini dilakukan menggunakan aplikasi pembayaran online yang tersedia.

  1. Campaign Management

Dalam setiap proses penjualan tentunya memerlukan suatu marketing yang baik agar terjadi peningkatan penjualan, proses marketing tersebut bisa berupa iklan, kampanye, publikasi dan lainnya. Untuk itu, e-commerce menyediakan  Campaign Management yang bisa digunakan oleh penjual untuk mempromosikan toko online-nya sehingga membuat semakin banyak konsumen yang tahu tentang toko maupun produk dari toko tersebut.

  1. Loyalty Management

Layanan yang satu ini dibuat untuk memudahkan pemilik toko online dalam manajemen loyalitas dari konsumen. Bentuknya bisa berupa hadiah maupun harga kompetitif yang mampu menaikan pemasukan dari penjualan produk atau barang secara online.

  1. Inventory Management

Layanan ini disediakan oleh sistem e-commerce agar penjual bisa mendata jumlah barang dari toko online-nya, baik barang yang masih tersedia, barang yang telah terjual, maupun barang yang dikembalikan oleh pembeli.

  1. Reporting dan Data Analysis

Layanan atau fitur lain yang tersedia dalam sistem e-commerce adalah laporan dan juga analisa data. Layanan ini digunakan oleh pemilik toko atau penjual untuk mendapat laporan transaksi jual beli online yang telah dilakukan, serta analisis data yang digunakan dalam proses pengambilan keputusan selanjutnya.

Ecommerce management service disediakan oleh sistem e-commerce agar proses transaksi jual beli bisa berjalan dengan lancar, cepat dan efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *